Home » Berita »

IAD Wilayah DIY Adakan Tes IVA dan Sadanis

09 Oktober 2017 | 12:38 - Berita Kejaksaan

Dalam rangka bulan peduli kanker payudara internasional, OASE-KK bekerja sama dengan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah D.I. Yogyakarta, hari ini Senin (9/10) pagi bertempat di aula Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta, mengadakan kegiatan dalam upaya deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui test IVA (Inspeksi Visual dengan Asam asetat) dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis).

Kegiatan yang dibantu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan BPJS Ketenagakerjaan diikuti tak kurang dari 550 peserta. Selain dari lingkungan Kejati, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), peserta juga berasal dari luar seperti Korem 072/Pamungkas, Kodim hingga Kepolisian.

Kajati DIY Sri Harijati P SH.MM selaku pengawas IAD mengatakan, test IVA dan Sadanis merupakan bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan wanita. Kegiatan ini adalah langkah awal untuk deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. Dengan begitu, diharapkan penderitanya dapat sengara ditangani sebelum kanker mencapai stadium lanjut.

”Sebenarnya ini program dari OASE, istri-istri kabinet kerja. Di mana salah satunya ada istri Jaksa Agung yang kemudian memerintahkan seluruh IAD untuk menggelar test IVA dan Sadanis. Kami senang animo untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar,” ucap Kajati di sela memantau pemeriksaan di aula Kejati lantai 4.

Rugun Febrie Adriansyah, Ketua IAD Wilayah DIY mengatakan test IVA yang dilakukan kali ini merupakan yang kedua kali di tahun 2017. Sebelumnya, test serupa dilakukan dalam rangka HUT ke-17 IAD pada 17 Juli silam. “Jadi ini yang kedua kali dilakukan IAD tahun ini,” katanya.

Fita Yulia Kisworini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menambahkan, test IVA dan Sadanis merupakan screening awal. Dari screening ini diketahui grade kanker yang diderita. “Dengan screening awal ini harapannya, tidak ditemukan penderita kanker dengan grade yang parah,” katanya.

 

(#13 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 41
Visited 304